Cadangkan Messi Saat Lawan Juventus, Ini Alasan Valverde

Lionel MessiBintang andalan Barcelona, Lionel Messi tidak dimainkan sebagai starter saat timnya bermain imbang 0 – 0 melawan Juventus. Pelatih Barca, Ernesto Valverde pun membeberkan alasannya.

Messi memulai pertandingan melawan Juventus pada menit ke-56 menjadi pengganti Gerard Deulofeu, Kamis (23 November 2017) dinihari WIB. Itu sekaligus kali pertamanya Messi memulai pertandingan dari bangku cadangan sejak Valverde menangani Barca di awal musim 2017/2018.

Keputusan tersebut dinilai mengejutkan. Sebab, Barca bermain di Allianz Arena yang notabene adalah kandang Juventus. Pada musim lalu mereka pernah dihajar Il Bianconeri 3 gol tanpa balas di putaran pertama perempatfinal Liga Champions.

Blaugrana datang ke pertandingan ini juga dituntut untuk tidak kehilangan poin demi bisa memastikan diri lebih cepat melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Namun, Valverde punya alasan terkait keputusannya menurunkan Messi sebagai pemain cadangan.

“Lionel Messi sudah memainkan banyak sekali pertandingan di musim ini dan kami pikir kali ini lebih baik dia istirahat dulu dan bermain di babak kedua,” tutur Valverde seperti dikutip dari Soccerway.

“Saya memprediksikan pertandingan ini akan menjadi ketat sejak awal lalu kemudian bakal sedikit terbuka di babak kedua. Seperti itulah yang terjadi,” sambungnya.

Ketika ditanya apakah manajer berkebangsaan Spanyol tersebut sudah mendiskusikan hal itu dengan Messi di awal pekan, sang manajer memberikan jawaban: “Ini mutlak keputusan pelatih.”

Tambahan satu poin ini cukup untuk membawa Barca lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan 11 poin dari lima pertandingan, unggul tiga poin atas Juventus yang berada di posisi kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *