Catatan Spesial Dibalik Dua Gol Messi dan Suarez

Lionel MessiDua penyerang andalan Barcelona, Lionel Messi dan Luis Suarez masing-masing mencetak dua gol dalam pesta kemenangan Barcelona di kandang Real Betis. Itu berarti mereka mencetak lebih banyak gol ketimbang 15 klub La Liga.

Barcelona awalnya ditahan imbang Real Betis 0 – 0 di babak pertama dalam laga yang dilangsungkan di Estadio Benito Villamarin, Senin (22 Januari 2018) dinihari WIB. Di 45 menit kedua, tim tamu menggelontor gawang lawannya lima kali tanpa balas.

Ivan Rakitic menjadi insipirator pesta gol Los Cules pada menit ke-59. Sementara empat gol Blaugrana lainnya dibukukan oleh Messi dan Suarez, yang masing-masing dua kali mencatakan namanya di papan skor.

Gol-gol tersebut membuat Messi dan Suarez saat ini bertengger di posisi satu dan dua klasemen topskorer La Liga. Messi mencetak 19 gol, sementara Suarez mencetak 15 gol. Total gol keduanya berjumlah 34.

Bagi Suarez, dua golnya ke gawang Reak Betis tersebut membuat dia sudah mengoleksi total 100 gol di La Liga. Mantan pemain Liverpool tersebut hanya butuh 114 pertandingan untuk mencapai jumlah gol tersebut.

Hal menarik lainnya adalah jumlah 34 gol di antara mereka berdua berhasil mengungguli 15 klub rival di La Liga. Bahkan jika dijumlahkan, jumlah keseluruhan gol Messi+Suarez lebih banyak ketimbang gol-gol yang sudah dicetak oleh Atletico Madrid, Villarreal, dan Sevilla, yang adalah penantang Barca di papan atas.

Sejauh ini, hanya ada empat klub yang jumlah golnya tidak lebih sedikit banyak ketimbang jumlah gol Messi dan suarez Suarez. Mereka adalah Real Madrid (39 gol), Valencia (41 gol), Celta Vigo (35 gol), dan Real Sociedad (34 gol).

Di Barcelona, Messi + Suarez telah menyumbang 59,7% dari seluruh gol yang dibuat di ajang La Liga. Tim raksasa Catalan tersebut sejauh ini sudah membuat 59 gol.