Deretan Pelatih Yang Kembali ke Pelukan mantan Klub

Juara bertahan Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, pada akhirnya menunjuk bekas pelatih mereka sendiri, Jupp Heynckess untuk menukangi tim utama, tak lama setelah klub mendepak Carlo Ancelotti dua pekan lalu. Sebelumnya, Heynckess sudah pernah menukangi Bayern, bahkan di tahun 2013 , dia berhasil mempersembahkan treble winner pertama dalam sejarah klub. Akan tetapi, Heynckes bukan satu-satunya manajer yang kembali ke pelukan mantan klub. Tiga manajer di bawah ini sempat mengalami hal serupa di masa lalu.

Deretan Pelatih Yang Kembali ke Pelukan mantan Klub

1. Jose Mourinho

Selepas memecat Claudio Ranieri, Chelsea mendaratkan Jose Mourinho, setelah manajer asal portugal tersebut berhasil membawa FC Porto menjuarai tiga kompetisi Majoor, termasuk Liga champions Eropa. Dia hanya bertahan selama tiga musim di Stamford Bridge sebelum kemudian hengkang di taun 2007, dengan sejumlah gelar bergengsi dipersembahkan sang pelatih.

Pada tahun 2013, saat Chelsea mengalami krisis manajer, dan Jose Mourinho baru didepak Real Madrid, keduanya kembali menjalin kerja sama, namun terhenti di pertenghan musim 2015/16 kemarin.

2. Louis Van Gaal

Jauh sebelum menangani Manchester United, Van Gaal sempat menukangi Barcelona, pada dua periode berbeda. Yang pertama Periode 1997 hingga 2000, yang mana pada periode tersebut dia mengantarkan raksasa catalan meraih dua trofi La Liga. Kemudian kembali lagi dua taun berselang, namun saat itu kepemimpinannya hanya bertahan selama satu musim saja.

3. Kenny Daglish

Dalglish berhasil memenangkan tiga gelar liga dan dua FA Cup setelah diangkat menjadi player-manager Liverpool pada tahun 1985. Bahkan tragedi Heysel yang terkenal juga terjadi pada era kepemimpinan Dalglish.

Setelah kembali ke Anfield pada tahun 2009 untuk bekerja di akademi, Dalglish kemudian diminta untuk menggantikan Roy Hodgson yang dipecat. Pria asal Skotlandia itu berhasil mempersembahkan trofi pertama dalam kurun enam tahun setelah memenangkan final Piala Liga pada 2012, Namun Dalglish dipecat pada bulan Mei 2012 setelah Liverpool hanya mampi finis di peringkat delapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *