Dortmund Alami Kekalahan Pertama Di Kandang Sejak 41 Laga

Borussia DortmundLaga sengit terjadi terjadi di Bundesliga hadir saat RB Leipzig mempermalukan Borussia Dortmund 3-2 di Signal Iduna Park, Minggu (15 Oktober 2017) dini hari WIB. Sebanyak lima gol, dua penalti, dua kartu merah dan 23 peluang hadir dalam pertandingan ini.

Kekalahan di kandang itu memutus capaian tak pernah kalah Borussia Dortmund di Bundesliga musim ini. Rekor tak terkalahkan dalam 41 pertandingan berturut-turut di Signal Iduna Park juga putus karena hasil imbang melawan Leipzig. Tidak hanya itu, Die Borussen juga mulai ketar-ketir di puncak klasemen karena hanya berjarak dua poin dari Bayern Muenchen di peringkat kedua.

Manajer Borussia Dortmund, Peter Bosz, merasa kecewa dengan permainan anak asuhnya sejak awal. Walaupun lebih banyak mengumpulkan peluang, lini pertahanan Borussia Dortmund terlihat sangat rapuh sehingga mudah dijebol dalam skema serangan balik.

Perjudian Bosz memainkan pemain pelapis macam Maximilian Philipp, Julian Toljan dan Nuri Sahin juga seperti menjadi bumerang bagi tim. Sejak tahun 1997, ini kali pertama Dortmund kebobolan tiga gol di kandang di Bundesliga walaupun laga baru menginjak menit ke-49.

“Ada banyak pertarungan yang harus kami mainkan dan itu sangat menggairahkan. Sayangnya kami banyak punya masalah dengan tekanan mereka,” ujar Peter Bosz seperti dilansir dari Kicker.

Die Borussen sebenarnya mengawali pertandingan itu dengan sangat baik melalui gol Pierre-Emerick Aubameyang di menit keempat. Namun tim tamu hanya perlu waktu 21 menit untuk membalikkan kedudukan 2-1 melalui gol Marcel Sabitzer dan Yusuf Poulsen.

Nasib sial yang dialami Dortmund semakin terasa menyakitkan awal babak kedua setelah bek Sokratis Papastathopoulos diusir dari laga karena melakukan pelanggaran kepada Jean-Kevin Augustin di kotak penalti. Augustin yang maju sebagai algojo sukses menaklukkan Roman Burki yang membuat kedudukan menjadi 3-1.

Tertinggal dua gol, Dortmund tidak mengendurkan serangan apalagi setelah memasukkan Christian Pulisic di babak kedua. Tuan rumah semakin menggebu-gebu saat bek RB Leipzig, Stefan Ilsanker, mendapat kartu kuning kedua di menit ke-56. Sayang hingga akhir laga Borussia Dortmund hanya bisa menambah satu gol lewat penalti Pierre-Emerick Aubameyang.