Faktor-faktor Keberhasilan Real Madrid Musim Ini

Real Madrid

Real Madrid berhasil emnjadi juara Liga Champions 2016/2017 setelah melalui perjuangan yang cukup keras. Ada beberapa faktor penting yang menjadi penentu El Real menjadi kampiun di Spanyol dan Eropa pada musim ini.

Salah satu faktor terpenting tentunya adalah kehadiran Cristiano Ronaldo dengan gol-gol yang dibuatnya. Namun ada beberapa sebab lain yang menjadi faktor keberhasilan Los Galacticos menjadi kampium di La Liga dan Liga Champions.

Ini dia beberapa faktor penting yang mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions ke-12.

1. Kembalinya Ketajaman Ronaldo
Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo memang berstatus sebagai top skorer Liga Champions musim ini dengan koleksi 12 gol. Tapi, dia sempat melempem saat fase grup. Ronaldo baru membukukan dua gol hingga babak 16 besar. Ketajaman Ronaldo kembali ketika Real Madrid menghadapi Bayern Munich di babak perempatfinal.

Ronaldo mencetak dua gol pada putaran pertama pertandingan 16 besar Liga Champions melawan Bayern Muenchen. Dia meneruskan ketajamannya dalam dua pertandingan berikutnya dengan catatan hat-trick ke gawang Bayern dan Atletico Madrid di babak selanjutnya.

Di babak final kontra Juventus, Cristiano Ronaldo kembali unjuk kebolehan untuk membobol gawang lawan dengan dua kali membobol jala Gianluigi Buffon memungut bola dua kali dari gawangnya. Real Madrid pun menang telak 4 – 1.

2.Gol-Gol Casemiro
Casemiro
Gol yang dicetak oleh Casemiro memang tidak sebanyak Cristiano Ronaldo. Tapi, Gol Casemiro dicetak pada saat yang krusial. Satu gol penting dibuatnya di babak 16 besar melawan Napoli. Saat itu skor pertandingan menunjukkan Madrid sudah unggul 2 – 1. Dalam pertandingan di Santiago Bernabeu pada 15 Februari lalu, Karim Benzema dan Toni Kroos yang mencetak dua gol partama Madrid.

Dengan sebuah tendangan voli spektakuler dari luar kotak penalti, Casemiro menyempurnakan kemenangan Real Madrid dengan skor 3 – 1. Satu gol lain dari Casemiro hadir di babak final yang membuat unggul timnya 2 – 1. Setelah itu, Cristiano Ronaldo dan Marco Assensio berhasil menyempurnakan kemenangan Real Madrid.

3. Cederanya Bale
Gareth Bale
Cederanya Gareth Bale mau tidak mau dianggap sebagai berkah untuk Real Madrid. Isco yang sebelumnya sering menjadi penghangat bangku cadangan, mendapatkan waktu bermain yang lebih banyak. Isco enam kali bermain untuk Madrid di Liga Champions, dengan sumbangan sebanyak satu gol. Dengan karakter berbeda dengan Bale yang mengandalkan kecepatan, Isco membuat pemainan Real Madrid Madrid jadi lebih berwarna.

Isco dicatat oleh Squawka mampu membuat enam kali percobaan, mempunyai 50 persen akurasi tembakan, dan 91 persen akurasi operan. Gol Isco juga didapat di saat-saat krusial, di pertandingan putaran kedua babak semi final saat Madrid kalah 1 – 2 dari Atletico Madrid.

4. Rotasi Pemain
Real Madrid
Beberapa penggawa utama Real Madrid seperti Cristiano Ronaldo harus rela dirotasi musim ini. Dengan padatnya jadwal yang harus dijalani oleh El Real, sang pelatih, Zinedine Zidane wajib melakukan rotasi pemain.

Zidane mengatakan jika dia melakukan rotasi dengan persetujuan dari Ronaldo agar sang pemain bisa mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak. Kebijakan Zidane itu ternyata berbuah manis untuk Real Madrid dengan raihan gelar ganda usai memenangi Liga Champions ditambah gelar juara Liga Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *