Gareth Barry Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak di Premier League

Gareth BarryGareth Barry sudah berhasil memecahkan rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam sejarah Premier League. Barry memecahkan rekor yang sebelumnya menjadi milik Ryan Giggs.

Barry dimainkan sebagai starter ketika timnya, West Bromwich Albion, berkunjung ke markas Arsenal di Emirates Stadium, Selasa (26 September 2017) dinihari WIB. Gelandang berusia 36 tahun tersebut akhirnya tampil penuh pada laga ini.

Barry memang tidak bisa membantu timnya dari kekalahan 0-2 dari Arsenal. Namun, pemain asal Inggris ini mengukir rekor baru dengan tampil pada 633 pertandingan Premier League. Barry melewati rekor Giggs, yang bermain pada 632 laga Premier League bersama Manchester United pada 1992-2014.

Gareth Barry tampil pertama kali di ajang Premier League bersama Aston Villa dalam pertandingan menghadapi Sheffield Wednesday, pada tanggal 2 Mei 1998 silam. Ketika itu, Barry baru menginjak usia 17 tahun.

Barry memperkuat Aston Villa sampai tahun 2009 dan mengoleksi 365 penampilan di Premier League bersama klub tersebut. Dia kemudian memperkuat Manchester City pada 2009-2013. Bersama The Citizens, dia tampil pada 132 laga Premier League dan merebut gelar pada 2012 lalu.

Barry selanjutnya pindah ke Everton dari 2013 hingga 2017 dan menambah jumlah penampilannya di Premier League sebanyak 131 kali. Mulai musim ini, dia pindah ke West Bromwich Albion dan sudah tampil sebanyak lima kali di Premier League.

“Tentu sana ini adalah sebuah saat-saat yang sangat menyenangkan. Saya sangat bangga bisa sampai di angka ini, tapi saya berusaha untuk tidak memikirkannya dan berkonsentrasi penuh dalam pertandingan,” ujar Gareth Barry kepada Sky Sports sebelum pertandingan melawan Arsenal.

Gareth Barry juga punya kesempatan untuk melewati rekor Giggs lainnya, yaitu jumlah penampilan terbanyak di kasta teratas Liga Inggris sebanyak 672 pertandingan. Sebelum era Premier League dimulai, Giggs telah tampil 40 kali di Divisi Satu Liga Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *