Ini Alasan Juara Liga Europa Langsung Lolos Fase Group Liga Champions

Liga Europa

Tidak seperti musim-musim sebelumnya, juara Liga Europa kali ini akan memperoleh tiket langsung masuk ke fase grup Liga Champions musim depan. Ini alasannya.

Sejak 2014/2015, kampiun Liga Europa dapat jatah ke Liga Champions musim berikutnya walaupun hanya tiket untuk tampil di fase play-off. Artinya, tetap ada kemungkinan untuk tersisih di fase itu sehingga urung tampil di Liga Champions.

Akan tetapi, untuk musim ini salah satu dari Ajax Amsterdam atau Manchester United dipastikan bakal tampil di fase grup Liga Champions musim depan jika jadi pemenang di partai final, Kamis (25 Mei 2017) dinihari WIB nanti.

Ini tentu menjadi motivasi tambahan untuk kedua tim, secara khusus untuk Manchester United yang dari posisinya di liga cuma berhak tampil di Liga Europa musim depan, Ajax Amsterdam jadi runner-up Eredivisie dan sudah berhak atas tiket kualifikasi fase ketiga Liga Champions.

Pertanyaannya adalah, apa alasan dari peraturan baru ini? Ini berkaitan erat dengan status dua tim finalis Liga Champions 2016/2017, yakni Real Madrid dan Juventus.

Pada dasarnya, seperti yang tertulis di UEFA.com, juara Liga Europa akan merintis jalan ke Liga Champions musim berikutnya melalui jalur play-off terkecuali: mereka sudah memastikan tiket fase grup melalui posisi di liga domestik atau tim juara Liga Champions sudah dipastikan memperoleh tempat di fase grup kompetisi itu pada musim berikutnya melalui posisinya di liga domestik, “menghadirkan pelimpahan jatah buat juara Liga Europa sehingga bisa langsung masuk ke fase grup.”

Seperti diketahui, Real Madrid dan Juventus sudah jadi juara di Liga masing-masing, Spanyol dan Italia secara berurutan, sehingga mereka pun telah memastikan satu tempat di fase grup Liga Champions musim depan.

Maka, tim yang menjadi pemenang Liga Europa musim ini ini berhak untuk memperoleh pelimpahan jatah untuk langsung memperoleh tiket kelolosan ke fase grup Liga Champions musim mendatang.

  • Jika MU menjuarai Liga Europa 2016/2017 maka Inggris akan mengirimkan lima wakilnya di Liga Champions musim depan, mengingat The Red Devils finis di luar posisi empat besar.
  • Mengingat Ajax Amsterdam sudah finis di posisi kualifikasi Liga Champions melalui liga domestiknya, Belanda tidak akan mendapat quota tambahan jika Ajax Amsterdam menjadi juara Liga Europa kali ini.