Ini Dia Transfer Terbaik dan Terburuk Musim Panas Ini

Mohamed SalahLiverpool dianggap cerdik karena bisa mendatangkan Mohamed Salah dengan yang relatif murah. Sementara, Paris Saint-Germain dianggap terlalu boros saat mendatangkan Kylian Mbappe dengan harga yang sangat mahal.

Begitulah hasil pengamatan yang dilakukan oleh CIES (International Centre for Sports Studies) usai ditutupnya bursa transfer musim panas 1 September 2017 kemarin. Bursa transfer musim panas ini memang terbilang mengejutkan, penuh drama, dan tentu saja bertebaran uang.

Bayangkan saja ketika Paris Saint-Germain harus “buang-buang uang” sekitar 400 juta euro hanya untuk memboyong dua pemain, Neymar (222 juta euro dari Barcelona) serta Kylian Mbappe (180 juta euro dari AS Monaco). Meski demikian, nilai transfer Mbappe baru aktif musim depan.

Walaupun tampil hebat bersama AS Monaco musim lalu, 26 gol dalam seluruh ajang kompetitif, harga Mbappe dianggap kemahalan mengingat pemain 18 tahun itu baru meroket musim lalu. Padahal CIES menilai harga asli Mbappe hanyalah 92,6 juta euro atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Sementara pembelian terburuk kedua adalah Ousmane Dembele yang direkrut oleh Barca dengan banderol yang bakal mencapai nilai 147 juta euro (kabarnya sebesar 106 juta euro). Harga Dembele sebenarnya “hanya” 95,8 juta euro (Rp 1,7 T) atau kemahalan sekitar 51,2 juta euro.

Pembelian terburuk nomor tiga adalah Benjamin Mendy yang direkrut Manchester City dari Monaco dengan nilai 57,5 juta euro dan menjadikannya bek termahal dunia. Padahal harga asli Mendy hanya sekitar 28,5 juta euro (Rp 451 M).

Bicara soal transfer terbaik musim panas ini, ada nama Mohamed Salah yang direkrut oleh Liverpool dari AS Roma seharga 50 juta euro (Rp 793 M). Padahal pemain tim nasional Mesir itu sebenarnya punya harga 69,4 juta euro (Rp 1,1 T). Mohamed Salah langsung tokcer bersama Liverpool dengan sudah menyumbang tiga gol dan dua assist dari lima laga.

Pembelian terbaik kedua adalah Nolito yang dijual Manchester City ke Sevilla dengan harga 10 juta euro (Rp 150 M). Harga itu boleh dikatakan cukup murah sebab Nolito sebenarnya punya banderol di angka 29,4 juta euro (Rp 466 M).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *