Kekalahan Di Final Bukanlah Akhir Era Juventus

Juventus gagal menjadi juara Liga Champions 2016/2017 setelah dikalahkan oleh Real Madrid dengan skor 1 – 4 di final. Sang manajer, Massimiliano Allegri menepis anggapan bahwa era Juventus sudah berakhir.

Dalam pertandingan final Liga Champions yang diselenggrakan di Stadion Millenium, Cardiff, Minggu (4 Juni 2017) dinihari WIB, Bianconeri mampu mengimbangi permainan Madrid di babak pertama yang berakhir 1 – 1. Cristiano Ronaldo membuka keunggulan Los Galacticos yang kemudian dibalas oleh Mario Mandzukic.

Memasuki babak kedua, situasi berubah drastis. Casemiro menggandakan keunggulan Real Madrid di menit 61, yang memukul mental Paulo Dybala dan kawan-kawan. Tiga menit kemudian, Ronaldo menghabisi peluang Juventus dengan gol keduanya yang menjadikan skor sementara 3- 1.

Di saat sedang mencoba menghidupkan harapan, Juventus justru kehilangan Juan Cuadrado. Winger Kolombia itu diusir dari permainan setelah menerima kartu kuning kedua karena menginjak Sergio Ramos. Real Madrid memanfaatkan situasi tersebut dengan baik lewat gol Marco Asensio di penghujung laga.

Hasil ini membuat Juventus sudah menelan lima kekalahan di final Liga Champions berturut-turut. Sekaligus menggagalkan ambisi Gianluigi Buffon dan rekan-rekannya untuk mencapai treble winner, setelah sebelumnya merebut Scudetto dan Coppa Italia.

Selain itu, muncul anggapan bahwa Juventus sudah menyia-nyiakan kesempatan emas yang sebenarnya sudah ada di hadapan mereka. Apalagi Buffon dan juga salah satu bek andalannya, Andrea Barzagli hanya tinggal memiliki satu tahun sisa kontrak. Selain itu, Giorgio Chellini yang juga sudah sangat senior juga hanya tinggal punya sedikit waktu.

Allegri mengatakan bahwa bermain di final Liga Champions selalu sulit. Dibanding Real Madrid, para penggawa Juventus bisa dikatakan kalah untuk soal jam terbang di Liga Champions. Para pemain Juventus belum sepenuhnya mengerti cara mengatur tempo dalam menjalani laga semacam ini.

“Tentu saja ini bukanlah akhir dari sebuah era. Gianluigi Buffon masih menjadi kiper Juventus dan Andrea Barzagli adalah salah satu pemain kami. Semuanya masih sama, belum berubah. Klub tahu bagaimana dan dimana kebutuhan untuk membuat kami meningkat,” jelas Massimiliano Allegri seperti yang dilansir dari Football Italia.

“Setelah istirahat sejenak, kami akan punya motivasi baru untuk menghadapi musim depan. Hidup memberi Anda kesempatan untuk bangkit dan mencoba lagi.”

Related Posts

About The Author