Rooney Tak Salah Saat Pindah Ke MU

Mantan pemain Everton, Graeme Sharp mengungkapkan bahwa dia mengerti dengan alasan Wayne Rooney hengkang dari Everton untuk bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2004 silam.

Rooney merupakan pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Everton dan mampu menyita perhatian pada musim debutnya di sana pada musim 2002-2003. Performa apik di usianya yang masih sangat muda kala itu membuatnya diminati oleh manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson dan juga ada ketertarikan dari Newcastle United.

Pada Agustus 2004, Wayne Rooney memohon pada klubnya untuk dilepas dan pada akhir bulan itu, kapten tim nasional Inggris tersebut resmi bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer sebesar 25,6 juta poundsterling. Sebuah rekor transfer untuk pemain di bawah usia 20 tahun saat itu.

Bersamaan dengan itu, karir Rooney menanjak drastis. Berbagai trofi mulai dari Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub hingga Liga Europa telah dia menangkan bersama Manchester United. Bukan itu saja, Rooney sendiri berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sana.

Dan bursa transfer musim panas ini, Wayne Rooney memutuskan untuk hengkang dari Old Trafford untuk kembali ke klub masa kecilnya, Everton.

Sharp menegaskan tidak ada yang bisa menyalahkan Rooney atas keputusannya pergi dari Everton pada 2004 silam ketika mereka sedang tidak memiliki sumber keuangan atau ambisi yang dimiliki pemilik baru Farhad Moshiri.

“Wayne Rooney banyak dicemooh oleh fans Everton pada saat itu, tapi ketika anda melihat situasinya, Everton bukanlah klub seperti saat ini, dia pergi ke Manchester United untuk bisa bermain Liga Champions. Segalanya ada di depannya dan anda bisa memahaminya,” kata Graeme Sharp.

“Dan tak ada yang bisa mengatakan bahwa Wayne Rooney melakukan kesalahan ketika melihat semua piala dan penghargaan yang sudah dia menangkan dan juga gol yang dia dapatkan selama di Manchester United,” tutup Graeme Sharp.