Tentang Kegagalan Penalti Thibaut Courtois

Penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois gagal mengeksekusi penalti ketika Chelsea meraih hasil imbang atas Arsenal di Community Shield yang pada prosesnya membuat timnya menelan kekalahan. Kiper tim nasional Belgia itu sebenarnya kerap berlatih penalti dan pernah juga sukses sebagai eksekutor.

Menjadi eksekutor penalti kedua di babak adu penalti di ajang Community Shield, Courtois gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna. Setelah bermain 1 – 1 selama waktu normal 90 menit, The Blues pada akhirnya harus mengaku kalah di tangan Arsenal dengan skor 1 – 4.

Banyak orang yang mempertanyakan keputusan Antonio Conte menjadikan Courtois sebagai salah satu eksekutor. Walaupun bukan pertandingan mayor, Conte dinilai sudah melakukan perjudian dengan langkah yang sudah dia pilih.

Tentang Thibaut Courtois, dia sebenarnya cukup terlatih untuk mengeksekusi penalti. Petr Cech mengamini hal itu karena mereka berdua sering berlatih bersama dalam mengambil tendangan penalti ketika masih sama-sama bersatus sebagai penjaga gawang The Blues.

Namun karena berhadapan dengan Cech dalam laga di Stadion Wembley malam tadi, Courtois terpaksa mengubah kebiasannya dalam mengeksekusi penalti agar sepakannya tidak bisa dibaca oleh mantan rekan setimnya itu. Perubahan itulah yang kemudian menjadi masalah.

“Itu bukan arah yang biasa dipilih oleh Thibaut Courtois saat mengeksekusi penalti, jadi mungkin karena itulah dia gagal melakukannya. Karena biasanya dia mengarahkan bola ke sudut atas sisi gawang yang lainnya, saya mengarah ke posisi tersebut,” ucap Petr Cech dalam wawancara setelah pertandingan.

Sejak berseragam pada Chelsea tahun 2011 silam, ini bukanlah kali pertama Thibaut Courtois dipercaya menjalankan tugas mengeksekusi penalti. Pada 2015 dalam laga pramusim dia pernah juga jadi eksekutor dalam laga dengan Paris Saint Germain. Kala itu dia berhasil menjaringkan bola ke dalam gawang.

Related Posts

About The Author

Add Comment